Oleh: 88anang | Agustus 26, 2010

Kamus ringkas Audit : L, M

– L –

Label :
Suatu nama yang dilampirkan pada atau yang dituliskan di samping satuan yang diidentifikasikan; misalnya, suatu kunci yang dilampirkan kepada suatu pos atau catatan, atau suatu nama yang dituliskan di samping suatu pernyataan dalam lembaran pengkodean.

Lapping :
Suatu tipe penipuan, dengan modus operandi yaitu ayat-ayat jurnal untuk penagihan piutang ditunda agar dapat menyembunyikan kekurangan kas yang ada.

Last Day of Field Work :
Hari auditor menyimpulkan prosedur-prosedur investigatif mereka atas audit khusus.

Lawyer’s Letter :
Suatu surat penyelidikan yang dikirim oleh auditor kepada penasihat hukum klien, yang menanyakan uraian dan penilaian atas litigasi yang belum selesai atau yang mengancam, klaim/tuntutan, dan kontingensi kerugian yang lain.

Lead Schedule :
Perkiraan-perkiraan buku besar yang detail, membentuk setiap item lini dalam total di neraca; skedul utama dibuat untuk mendukung kertas kerja neraca sisa (working trial balance).
Leading Schedule :
Suatu daftar tunggal dari seluruh item-item rincian yang membentuk suatu total, biasanya suatu saldo akhir.

Legal Liability :
Kewajiban profesional di bawah hukum untuk memberikan semua pelayanan yang dijanjikan dan untuk melaksanakan jasa jasa tersebut dengan hati-hati/cermat.

Letter of Representation :
Suatu komunikasi tertulis dari klien kepada auditor yang memformalisasikan pernyataan-pernyataan yang klien telah lakukan tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan audit.

Liability Account :
Jumlah yang terutang pada tanggal neraca.

Liability Representation :
Suatu pernyataan tertulis yang diberikan oleh pejabat penting dari klien, bahwa semua utang dan kontingensi kerugian yang diketahui mereka diungkapkan dalam laporan keuangan.

Likely Errors in Financial State ments :
Kesalahan-kesalahan dalam laporan keuangan yang diperkirakan oleh auditor berdasarkan hasil dari prosedur audit. Umpamanya, kesalahan yang diproyeksikan dari suatu sampel audit merupakan suatu estimasi dari kesalahan yang mungkin dalam populasi audit.

Limited Assurance (Negative Assurance) :
Kepastian yang diberikan oleh akuntan publik yang telah melakukan suatu jasa atestasi dengan ruang lingkup yang sempit daripada suatu audit. Kepastiannya yang substansial kurang daripada apa yang diberikan dalam suatu audit.

Lock Box :
Suatu kotak kantor pos yang dikendalikan oleh bank perusahaan, yaitu pengiriman kas dari pelanggan diterima. Bank tersebut mengambil pengiriman-pengiriman uang, segera mengkredit kas ke perkiraan bank perusahaan, dan menyampaikan advis pengiriman uang ke perusahaan.

Lock of Duty to Perform :
Suatu pembelaan hukum yang secara profesional mengklaim bahwa tidak terdapat kontrak dengan klien; sebab itu tidak ada kewajiban untuk melakukan jasa perselisihan untuk klien.

Long Term Debt :
Kewajiban sekarang, timbul dari tindakan atau transaksi masa lalu, yang tidak terutang dalam siklus operasi dari entitas atau dalam satu tahun.

Loss Contingency :
Kerugian yang mungkin, berasal dari kejadian-kejadian masa lalu, yang akan berubah karena eksistensi dan sesuatu kejadian masa yang akan datang. Kontingensi kerugian harus diungkapkan dalam catatan kaki laporan keuangan, apabila terdapat suatu kemungkinan yang wajar bahwa suatu kerugian telah terjadi. Apabila kontingensi kerugian dipertimbangkan mungkin dan dapat secara beralasan diperkirakan, maka ini harus disisihkan dalam perkiraan.

Lower Control Risk Approach :
Suatu strategi audit, yaitu auditor menempatkan kepercayaan yang moderat atau yang dapat dipertimbangkan atas pengendalian dan melakukan pengujian substantif yang lebih sedikit untuk mengumpulkan bukti untuk pemyataan yang tegas.

– M –

Management Assertions :

  • Pernyataan dari manajemen yang dikomunikasikan, secara eksplisit atau implisit, oleh laporan keuangan.
  • Pernyataan-pernyataan yang tegas dari manajemen tentang perkiraan-perkiraan dalam laporan keuangan.

Management Audit :
Suatu pengujian atas struktur organisasi rencana, kebijakan, sikap karyawan dan lain-lain.

Management Consulting Services :
Jasa konsultasi usaha yang dilakukan oleh kantor akuntan atau yang lain. Contohnya adalah studi/pengkajian sistem komputer.

Management Fraud :
Terdapat apabila manajemen klien melakukan suatu usaha yang disengaja untuk menyajikan laporan keuangan yang menyesatkan, didukung oleh catatan-catatan akuntansi yang dipalsukan.
Management Letters :
Komunikasi tertulis auditor kepada manajemen untuk menunjukkan kelemahan-kelemahan dalam pengendalian intern dan kemungkinan-kemungkinan untuk perbaikan operasional.

Material :
Penting secara substansia. Cukup signifikan untuk mempengaruhi penilaian atau keputusan oleh pemakai laporan keuangan. Informasi harus diungkapkan agar laporan keuangan memberikan suatu penyajian yang wajar. Mencakup kriteria kuantitatif maupun kualitatif.

Material Amount in the Financial Statements :
Suatu jumlah yang akan menyebabkan pembaca yang diberi informasi memandang laporan keuangan secara berbeda.

Material Misstatement :
Suatu pernyataan yang salah dalam laporan keuangan, pernyataan tersebut akan mempengaruhi suatu keputusan dari seorang pemakai laporan keuangan tersebut.

Material Uncertainties :
Masalah-masalah signifikan yang hasilnya tidak dapat secara wajar diperkirakan ketika laporan keuangan akan diterbitkan.

Material Weakness in Internal Control :
Suatu kondisi yang dapat dilaporkan, yaitu desain sistem pengendalian atau tingkat ketaatan tidak berkurang sampai suatu tingkat yang relatif rendah, yakni kesalahan material atau ketidakberesan dapat terjadi dan tidak dideteksi.

Materiality :

  • Besarnya suatu omisi atau pernyataan yang salah dari informasi akuntansi, yang dipandang dari sudut keadaan sekelilingnya, membuat adanya kemungkinan bahwa pertimbangan dari seseorang yang mempercayai informasi tersebut akan berubah dan dipengaruhi oleh omisi atau pernyataan yang salah tersebut.
  • Dalam arti akuntansi, suatu masalah adalah material apabila ketidak-ungkapan, pernyataan yang salah atau omisi akan mengakibatkan suatu distorsi dari pandangan yang diberikan oleh laporan keuangan.

Materiality Borders :
Suatu jarak dari kesalahan penyajian rupiah yang mungkin dalam laporan keungan setiap kombinasi dari kesalahan penyajian yang jumlahnya lebih dari akhir atas jarak (upper end of the range) dipertimbangkan material. Setiap kombinasi dari kesalahan penyajian yang jumlahnya kurang dari akhir bawah jarak (lower end of the range) dipertimbangkan tidak material. Setiap kombinasi dari kesalahan penyajian dalam jarak memerlukan pertimbangan tambahan dari auditor.

Materiality Mistated :
Apabila laporang keuangan terdiri dari kesalahan atau ketidakberesan yang pengaruhnya adalah cukup penting untuk menyebabkan laporan keuangan tidak disajikan secara wajar sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku secara umum.

Mathematical Evidence :
Bukti yang diperoleh melalui kalkulasi kembali auditor atas perhitungan-perhitungan arithmetik klien.

Mc Kenson & Robin Case :                                                                                                                                                                             Kasus kecurangan yang mempunyai pengaruh besar pada profesi audit. Kasus tersebut mengakibatkan persyaratan bahwa auditor harus mengamati persediaan dan mengkonfirmasi piutang. Kasus ini terjadi pada tahun 1930-an

Mean :
Nilai item rata-rata, dihitung dengan membagi nilai total terhadap jumlah item yang terdiri dari nilai total.

Mean-per-Unit Estimation :
Suatu metode dari “variables sampling”, yaitu auditor memperkirakan nilai yang diaudit dari suatu populasi dengan mengalikan rata-rata nilai sampel yang diaudit (average audited value of the sample) terhadap ukuran populasi (population size).

Mechanical Accuracy Test :
Pengecekan kembali dari sampel komputasi dan pemindahan informasi yang dilakukan oleh klien selama periode audit.

Memorandum :
Suatu skedul audit, yaitu auditor memberikan suatu uraian tertulis dari satu situasi atau menganalisis suatu situasi dan memberikan suatu konklusi.

Minutes Book :
Suatu catatan formal aas masalah-masalah yang didiskusi dan tindakan-tindakan yang diambil dalam pertemuan pemegang saham dan dewan direksi.

Modifying Language :
Bahasa yang diselipkan dalam laporan keuangan oleh auditor untuk laporan keuangan klien.

Monthly Statement :
Suatu dokumen yang dikirim ke setiap pelanggan, yang menunjukkan saldo awal dari piutang dagang, jumlah dan tanggal setiap penjualan, pembayaran kas yang diterima, memo kredit yang diterbitkan, dan saldo akhir yang jatuh tempo.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: