Oleh: 88anang | Agustus 11, 2010

Kamus ringkas Audit

– D –

Data:
Suatu penyajian fakta atau ide dalam bentuk yang dapat dikombinasikan atau dimanipulasikan oleh beberapa process (proses). Penyajiannya bisa lebih cocok untuk interpretasi oleh manusia (misalnya teks yang tercetak) ataupun oleh peralatan manusia(misalnya kartu punch atau sinyal-sinyal elektris).
Catatan: Information (informasi), suatu istilah yang sangat erat kaitannya, adalah makna yang diberikan manusia pada data dengan alat berupa kebiasaan yang dipergunakan dalam penyajiannya.

Database:
Suatu berkas data tunggal yang diorganisasi untuk mencakup semua data dasar yang diperlukan untuk sejumlah sistem pemrosesan informasi, yang tersedia untuk akses oleh pemakai yang berwenang atau program.

Data Interrelationships:
Suatu tipe bukti yaitu auditor menguji dan membandingkan hubungan antara data keuangan dan non keuangan.

Dealth Spiral:
Pencarian produk keluar (out-sourcing) yang teratur/bertahap atau menghentikan suatu produk karena informasi biaya yang tidak akurat/tepat.

Debenture Bond:
Obligasi yangt tidak berjaminan, tergantung pada kepercayaan umum dari penerbit.

Debit Memo:
Suatu dokumen yang menunjukkan pengurangan dalam jumlah yang terutang, kepada pemasok karena pengembalian barang atau’ potongan yang diberikan.

Debt or Loan Agreement:
Suatu dokumen hukum yang menempatkan pembatasan untuk seorang debitor selama utang tersebut belum dibayar.

Decision Rules:
Kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah suatu fluktuasi dalam prosedur analisis adalah signifikan atau tidak; kriteria ini sering dinyatakan dalam jumlah rupiah atau persentase yang tetap.

Decision Table:
Suatu tabel yang memuat dalam suatu daftar semua kemungkinan yang harus dipertimbangkan dalam menguraikan suatu problema, bersamaan dengan tindakan yang sesuai yang harus diambil.
Catatan: Suatu tabel keputusan memungkinkan kriteria pengambilan keputusan yang kompleks dinyatakan dalam suatu format yang singkat dan logis; tabel itu kadang-kadang digunakan sebagai pengganti bagan arus untuk mendefinisi dan mendokumentasikan problema; kompilator telah ditulis untuk menjabarkan tabel keputusan ke dalam program yang dapat dilaksanakan oleh komputer.

Departure from Generally Accepted Accounting Principles:
Penggunaan prinsip-prinsip akuntansi yang tidak dapat diterima, aplikasi yang keliru dari prinsip-prinsip akuntansi yang dapat diterima, atau pengungkapan yang tidak cukup yang memerlukan suatu kualifikasi atau opini/pendapat tidak wajar (adverse opinion).

Desk Checking:
Suatu proses pengecekan manual yaitu pos-pos data representatif yang digunakan untuk mendeteksi kesalahan dalam logika program ditelusuri melalui “program, sebelum program itu dicek pada komputer.

Detail File:
Suatu berkas yang memuat informasi yang relatif pendek; misalnya, berbagai catatan transaksi individual yang terjadi selama suatu periode tertentu; sinonim dengan berkas transaksi; berlawanan dengan berkas induk.

Detailed Schedules:
Skedul yang menunjukkan prosedur audit khusus yang telah dilaksanakan untuk suatu perkiraan tertentu.

Detection Risk:
Risiko bahwa auditor tidak akan mendeteksi kesalahan penyajian yang material dalam suatu saldo perkiraan atau pernyataan yang tegas yang berhubungan dengan suatu saldo perkiraan.

Deviation:
Penyimpangan dari kebijakan struktur pengendalian intern yang ditentukan atau prosedur.

Deviation Rate:
Persentase dari item dalam populasi yang menunjukkan bukti kesalahan.

Difference Estimation:
Suatu metode “variables sampling”, yaitu auditor melakukan suatu estimasi kesalahan populasi berdasarkan jumlah kesalahan, rata-rata ukuran kesalahan, dan ukuran individual dalam sampel.

Direct Financial Interests:
Investasi pribadi di bawah pengendalian langsung dari investor “The Code of Professional Conduct” di Amerika Serikat melarang akuntan terdaftar mempunyai kepentingan keuangan langsung apa pun dalam klien audit mereka. Investasi yang dilakukan oleh suami/istri atau anak yang tergantung dari akuntan yang terdaftar juga dianggap merupakan kepentingan keuangan langsung dari akuntan terdaftar yang bersangkutan.

Direct Projection Method of Estimating Error:
Kesalahan bersih dalam sampel, dibagi sampel total, dikalikan nilai populasi total yang dicatat.

Disaggregated Data:
Data lengkap (agregat) yang membentuk laporan keuangan dirinci ke dalam baik sub unit ataupun periode waktu yang lebih pendek; Pemisahan data meningkatkan kemungkinan dalam mengidentifikasi kesalahan.

Disclaimer Opinion:
Auditor  tidak memberikan suatu pendapat terhadap laporan yang diterbitkan. Pendapat ini diberikan pada kondisi (1) pembatasan yang luar biasa sifatnya terhadap lingkup audit, atau (2) Auditor tidak independen dalam hubungannya dengan klien.

Disclosure:
Membuat diketahui umum seluruh informasi material tentang masalah keuangan.

Disclosure of Replacement Cost Information:
Informasi tambahan yang dapat disajikan dalam laporan tahunan kepada pemegang saham. Didesain untuk merefleksi dampak inflasi dengan melaporkan biaya penggantian peralatan pabrik pada sekarang dan dengan menghitung jumlah depresiasi berdasarkan biaya penggantian dari aktiva yang dapat disusutkan dalam penggunaan.

Discovery Sampling:
Suatu rencana uji petik untuk melokalisasi paling sedikit satu pengendalian, memberikan pengecualian tersebut terjadi dalam populasi dengan suatu frekuensi yang khusus.

Discovery Sampling for Attributes:
Suatu tipe sampling statistik yaitu “menemukan” paling sedikit satu deviasi apabila persentase dari deviasi demikian dalam populasi adalah pada atau di atas suatu tingkat tertentu.

Dividend Record Book:
Suatu buku referensi yang diterbitkan secara bulanan oleh pemberian nasihat investasi di Amerika Serikat yang melaporkan banyak inform.asi detail mengenai seluruh surat-surat berharga yang terdaftar dan banyak yang tidak terdaftar, termasuk tanggal dan jumlah dividen, harga sekarang dari surat-surat berharga, dan data keuangan yang diringkaskan.

Documentation:
Pengujian auditor atas dokumen dan catatan klien untuk memperkuat informasi yang harus dimasukkan dalam laporan keuangan; juga dikenal sebagai “vouching”.

Documents:
Faktur penjualan, pemesanan pembelian, dan item-item yang sama yang memperkuat pencatatan transaksi.

Dollar Unit Sampling:
Suatu variasi dalam “attributes sampling” yang memberikan suatu basil statistik yang dinyatakan dalam rupiah; juga dikenal sebagai “monetary unit sampling”, “cumulative monetary amount sampling”, dan “sampling with probability proportional to size”..

Dual Purpose Tests:
Prosedur audit yang mencakup kedua-duanya, pengujian pengendalian ataupun pengujian substantif pengendalian intern dan untuk membenarkan jumlah rupiah dari suatu perkiraan dengan menggunakan sampel yang sama.

Due Professional Care:
Aplikasi dari tolok ukur keterampilan dan kepedulian, yang dapat secara wajar diharapkan dari seorang auditor yang kompeten, relatif terhadap kewajiban khusus yang dilakukan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: