Oleh: 88anang | Agustus 9, 2010

Kamus ringkas Audit

-A-

Acceptable Audit Risk
Tolok ukur resiko audit yang bisa diterima, yaitu laporan keuangan mungkin secara material salah disajikan/dinyatakan, setelah auditor telah menyelesaikan laporan dan memberikan pendapat tanpa kualifikasi (unqualified opinion).

Acceptable Risk of Incorrect Acceptance (ARIA)
Suatu risiko yang bisa diterapkan auditor untuk menerima suatu saldo adalah benar pada saat kesalahan yang benar-benar dalam saldo tersebut adalah sama dengan atau lebih benar daripada kesalahan yang dapat ditoleransi.

Acceptable Risk of Incorrect Rejection (ARIR)
Suatu risiko yang bisa dipakai auditor untuk menolak suatu saldo adalah salah, ketika saldo tersebut sebenarnya tidaklah salah dinyata kan dengan jumlah yang material.

Aliance of Internal Control (ARO)
Suatu risiko yang diambil auditor untuk menerima suatu pengendalian adalah efektif, ketika tingkat deviasi populasi yang benar adalah lebih besar daripada tingkat deviasi yang dapat ditoleransi.

Access
Seseorang mempunyai akses terhadap informasi apabila catatan-catatan yang terdiri dari informasi tersebut dapat secara sengaja ataupun tersedia dan dapat dimengerti oleh orang tersebut untuk digunakan dan diubah.

Access Mode
Suatu teknik yang digunakan untuk memperoleh suatu catatan tertentu dari, atau untuk menempatkan suatu catatan tertentu ke dalam suatu berkas tertentu.

Account
·    Suatu catatan yang formal dari transaksi, yang klasifikasinya didefinisi, yang diadakan dengan istilah keuangan dalam suatu buku besar.
·    Dasar untuk laporan keuangan bagi manajemen.

Account Coding
Suatu indikasi dari nomor-nomor perkiraan, yaitu suatu transaksi khusus dicatat. Pengkodean biasanya diselesaikan dengan menuliskan nomor perkiraan dan bagan perkiraan secara langsung pada dokumen sumber yang relevan, seperti menulis nomor perkiraan untuk penjualan kredit atas faktur penjualan.

Accounting Change
Suatu perubahan dalam prinsip akuntansi, dalam estimasi akuntansi, atau dalam entitas pelaporan.

Accounting Controls
·    Pengendalian intern dari suatu sifat yang dapat secara langsung mempengaruhi keandalan dari catatan-catatan akuntansi dan laporan keuangan.
·    Rencana organisasi dan prosedur-prosedur serta catatan yang berhubungan dengan pengamatan harta serta keandalan record keuangan.

Accounting Estimate
Perkiraan/taksiran dari unsur laporan.

Accounting for Serial Continuity of Prenumbered Documents
Menentukan bahwa dokumendokumen yang dipranomori digunakan secara berurutan dan bahwa penggunaan dari setiap dokumen yang dipranomori dalam suatu sari dapat dipertanggungjawabkan.

Accounting Records
Catatan-catatan yang diadakan untuk mencatat dan menjelaskan transaksi-transaksi dari suatu perusahaan dalam istilah-istilah keuangan.

Accounting System
·    Sistem pencatatan buku-buku dan dokumen, yang digunakan perusahaan untuk mencatat dan mempertanggungj awabkan transaksi-transaksinya : Maksud dari sistem akuntansi adalah untuk mencatat informasi; sistem pengendalian intern harus memastikan bahwa informasi adalah benar.
·    Metode-metode dan catatan-catatan yang diadakan untuk mengidentifikasi, merakit, menganalisis, menggolongkan, mencatat, dan melaporkan transaksi-transaksi suatu entitas dan memelihara akuntabilitas untuk aktiva dan utang yang berhubungan.
·    Kumpulan buku pedoman/manual/atau prosedur dan pengendalian yang dikomputerisasi, yang memberikan kemungkinan: 1)mengidentifikasi transaksi dan kejadian yang berhubungan; 2)penyiapan/penyusunan dokumen sumber yang akurat/tepat; 3)pemasukan data yang akurat dari dokumen sumber; 4)pemrosesan transaksi yang akurat dan pemutakhiran berkas induk, dan 5)mendapatkan dokumen dan laporan yang akurat.

Accounting Services
Bantuan pembukuan, kompilasi laporan keuangan, dan jasa sejenis yang lain yang dilakukan oleh kantor akuntan.

Accounts Payable Master File
Suatu berkas komputer untuk mencatat akuisisi individual, pengeluaran kas, dan pengembalian dan potongan akuisisi untuk setiap pemasok, dan memelihara saldo-saldo pemasok.

Accounts Payable Trial Balance
Suatu daftar mengenai jumlah yang terutang kepada setiap pemasok pada suatu saat tertentu, yang disusun secara langsung dari berkas induk utang dagang (Accounts Payable Master File).

Accounts Receivable Master File
Suatu berkas/arsip untuk mencatat penjualan individual, penerimaan kas, dan retur dan potongan penjualan untuk setiap pelanggan, dan memelihara saldo-saldo perkiraan pelanggan.

Accounts Receivable Trial Balance
Suatu daftar mengenai jumlah yang terutang oleh setiap pelanggan pada suatu saat tertentu.

Accredited Personal Finansial Specialist
Suatu penunjukan spesialis untuk akuntan publik terdaftar yang telah lulus ujian khusus mengenai perencanaan keuangan pribadi (personal financial planning) dan memenuhi persyaratan yang lain yang didesain oleh AICPA di Amerika Serikat.

Accrued Liabilities
Kewajiban yang belum dibayar berdasarkan perkiraan atas jasa atau manfaat yang telah diterima sebelum tanggal neraca; “Accrued Liabilities” yang umum termasuk komisi terutang, pajak penghasilan terutang, upah terutang, sewa terutang, bunga terutang dan lain-lain.

Accrued Payroll Expenses
Perkiraan-perkiraan utang yang berhubungan dengan upah; termasuk perkiraan-perkiraan untuk gaji dan upah yang terutang, komisi terutang, bonus terutang. PPH Pasal 21 terutang dan tunjangan-tunjangan karyawan yang masih hams dibayar.

Achieved Individual Audit Risk
Risiko audit yang dicapai atas perkiraan-perkiraan individual setelah mereka diaudit.

Achieved Tolerable Rate
Tingkat yang dapat ditoleransi yang didasarkan pada basil sampel.

Acquisition Journal
Suatu buku harian untuk mencatat transaksi pembelian barang-barang dan jasa; rincian dari berkas transaksi-transaksi adalah secara otomatis dipindahbukukan ke buku besar.

Acquisition Transaction File
Suatu berkas komputer yang digunakan untuk mencatat pembelian barang dan jasa; rincian dari berkas transaksi adalah secara otomatis dipindahkan ke berkas induk utang dagang.

Acquisition Payment Cycle
Siklus transaksi yang termasuk akuisisi dan pembayaran barang dan jasa dari pemasok di luar organisasi.

Activity
Derajat frekuensi suatu catatan individual dalam suatu berkas yang digunakan, dimodifikasi atau direferensikan: misalnya, suatu “faktor aktivitas” 0.10 (10 persen) menunjukkan bahwa rata-rata satu di antara tiap sepuluh catatan berkas induk direferensikan atau dipengaruhi oleh suatu transaksi selama suatu putaran.

Activity-Based Costing (ABC)
Suatu metode untuk mengukur biaya dan performa aktivitas, produk, dan pelanggan. Sebagai contoh, dalam aplikasi kalkulasi biaya produk, ABC memungkinkan biaya-biaya dibagi secara adil terhadap produk berdasarkan aktivitas aktual dan sumber daya yang dikonsumsi dalam memproduksi, memasarkan, mengirimkan dan memberikan pelayanan pada produk.

Add Value (Nilai Tambah)
Organisasi berdiri untuk menciptakan nilai dan memberikan manfaat bagi pemiliknya, pihak lain yang berkepentingan, pelanggan, dan klien. Konsep ini memberikan tujuan untuk keberadaan mereka. Nilai diciptakan melalui pengembangan produk dan jasa serta penggunaan sumber daya untuk meningkatkan produk dan jasa tersebut.  .

Additional Paid-in-Capital
Modal yang dikontribusi oleh pemegang saham yang melebihi nilai- pari atau nilai yang dinyatakan dari saham yang diterbitkan.

Adequate Control (Kontrol yang Memadai)
Suatu cara atau metode yang memberikan keyakinan memadai bahwa risiko organisasi telah dikelola secara efektif dan bahwa tujuan serta sasaran organisasi aan dicapai secara efisien dan efektif.

Adjusting Journal Entry
Ayat-ayat jurnal yang dibuat oleh auditor untuk memperbaiki suatu kesalahan yang material yang ditemukan dalam laporan keuangan dan catatan akuntansi.

Administrative Controls
Pengendalian intern yang didesain untuk meningkatkan efisiensi operasional dalam penjualan, produksi dan ruang lingkup non keuangan yang lain, akan tetapi tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap keandalan data akuntansi.

Administrative Working Papers
Kertas kerja yang khusus didesain untuk membantu auditor dalam perencanaan dan administrasi penugasan, seperti program audit, kuesioner pengendalian intern, dan bagan arus anggaran, waktu, dan memorandum penugasan.

Adverse Opinion
Suatu pernyataan pendapat tidak wajar yang diberikan oleh auditor atas laporan keuangan dimana laporan keuangan klien tidak disusun berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku secara umum sehingga tidak menyajikan secara wajar posisi keuangan kesatuan usaha atau hasil dari operasinya dan arus kas. Auditor memberikan opini pendapat tidak wajar jika tidak dibatasi ruang lingkup auditnya, sehingga ia dapat mengumpulkan bukti kompeten yang cukup untuk mendukung pendapatnya. .

Aged Trial Balance
·    Suatu daftar saldo-saldo dalam berkas induk piutang dagang pada tanggal neraca yang dirinci sesuai dengan lamanya
·    waktu yang berlaku untuk tanggal penjualan dan tanggal neraca.
·    Suatu daftar dari perkiraan pelanggan secara individual, yang digolongkan berdasarkan umur. Berlaku sebagai langkah awal dalam memperkirakan kolektibilitas dari piutang dagang.

Allocation of Preliminary Judgement About Materiality
Proses membebani setiap perkiraan neraca jumlah yang salah disajikan, yang dipertimbangkan material berdasarkan pertimbangan pendahuluan auditor.

Alternative Procedures
Prosedur-prosedur yang dilaksanakan ketika prosedur audit menghasilkan bukti yang paling kompeten tidak dapat diselesaikan, umpamanya, dokumen-dokumen internal, seperti faktur penjualan, dokumen pengiriman, dan bukti penagihan dapat diuji apabila seorang pelanggan tidak menjawab permintaan konfirmasi piutang dagang.

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)
Organisasi profesional nasional (Amerika Serikat) dari akuntan-akuntan publik yang bertugas untuk meningkatkan standar-standar profesional yang tinggi dan memperbaiki mutu dari pelaporan keuangan.

American Standard Code for Information Interchange (ASCII)
Kode standar Amerika untuk saling tukar informasi. Suatu kode standar ANSI berbit 7 atau 8 yang kompatibel, yang digunakan untuk memudahkan saling tukar data di antara berbagai jenis peralatan pengolahan data dan komunikasi data.

Analysis
Suatu kertas kerja yang menunjukkan semua perubahan dalam perkiraan aktiva, utang, modal sendiri, pendapatan, atau biaya selama periode yang tercakup dalam audit. Rencana audit biasanya termasuk masalah-masalah seperti tujuan dari penugasan, sifat pekerjaan yang akan dilakukan, skedul waktu untuk pekerjaan audit utama dan penyelesaian dari penugasan, dan keperluan staf.

Analysis Schedule
Suatu skedul yang menguji aktivitas dalam suatu perkiraan untuk suatu periode waktu.

Analysis System
Pemeriksaan suatu aktivitas, prosedur, metode, teknik, atau perusahaan untuk menetapkan apa yang harus dipenuhi dan bagaimana operasi yang perlu dapat terpenuhi dengan jalan yang paling baik.

Analyze
Proses mengidentifikasi dan menggolongkan untuk pengkajian lebih lanjut semua ayat jurnal, debit dan kredit dalam perkiraan buku besar. Perkiraan-perkiraan dianalisis agar dapat memastikan sifat dari semua transaksi yang menimbulkan saldo. Sebagai contoh suatu perkiraan seperti biaya lain-lain memerlukan analisis sebelum suatu permohonan yang sejak dari isinya diketahui.

Assertion
Suatu pemyataan yang dibuat oleh suatu pihak yang secara implisit untuk penggunaan oleh pihak (ketiga) yang lain.

Assessed Level of Control Risk
Konklusi yang dicapai oleh auditor sebagai suatu hasil dalam menilai risiko pengendalian.

Assessment of Control Risk
Proses menilai efektivitas dari kebijakan-kebijakan struktur pengendalian intern dan prosedur-prosedur dalam mencegah atau mendeteksi kesalahan penyajian yang material dalam asersi-asersi yang berkaitan dengan akun-akun dalam laporan keuangan.

Assurance
Tingkat kepastian dari praktisi yaitu kesimpulan yang dinyatakan dalam laporannya adalah benar.

Assurance Services (Jasa Assurance)
Suatu pemeriksaan obyektif terhadap bukti dengan tujuan memberikan penilaian independen teradap proses-proses manajemen risiko, kontrol atau tata kelola organisasi.

Attest Engagement
Suatu penugasan, yaitu seorang praktisi ditugaskan untuk menerbitkan atau mengeluarkan suatu komunikasi tertulis, yang menyatakan suatu kesimpulan mengenai keterandalan dari suatu pernyataan tertulis yang merupakan tanggung jawab dari pihak lain.

Attestation
·    Suatu komunikasi tertulis mengenai keterandalan dari pernyataan tertulis yang tegas dan pihak lain.
·    Memberikan kepastian/keyakinan terhadap apakah informasi yang disajikan sesuai dengan kriteria yang tepat, yait menunjang kesaksian terhadap keandalan dan kewajarannya.

Attestation Standards
Sekumpulan standar yang komperehensif yang dikeluarkan oleh AICPA yang mencakup berbagai jasa pengesahan yang dilakukan akuntan publik terdaftar di Amerika Serikat.

Attribute
·    Suatu kondisi dalam populasi yang ada atau tidak ada (seperti suatu perbandingan laporan penerimaan barang dengan faktor atau tanda tangan dua orang dalam cek gaji).
·    Karakteristik yang diuji dalam populasi.

Audit
Pengujian yang dilakukan untuk menilai hal-hal seperti a) reliabilitas informasi dan b) efisiensi dan efektivitas sistem informasi.

Auditability
Penentuan oleh auditor apakah terdapat “faktor-faktor tidak” (non factors) atau tidak, seperti kekurangan integritas klien atau sistem akuntansi yang tidak memadai, yang akan menghalangi auditor dalam melakukan suatu audit dan menyatakan suatu pendapat.

Audit Assurance
Suatu komplemen terhadap risiko audit yang dapat diterima (acceptable audit risk); suatu risiko audit yang dapat diterima sebesar 2% adalah lama dengan kepastian audit yang dapat diterima (acceptable audit assurance) sebesar 98%; juga dinamakan “overael assurance” dan “level of assurance”.

Audit Committee
·    Suatu panitia dari direksi perusahaan atau organisasi yang tanggung jawab khususnya adalah untuk menelaah laporan keuangan tahunan sebelum pertimbangan oleh dewan direksi. Aktivitas panitia audit termasuk pencalonan auditor, ruang lingkup secara keseluruhan, baik audit eksteren ataupun audit intern; pertimbangan atas laporan baik auditor eksteren ataupun auditor intern; penelaahan pengendalian keuangan intern; penelaahan informasi keuangan yang akan dipublikasikan.
·    Anggota-anggota yang dipilih dari dewan direksi klien, yang tanggung jawabnya termasuk membantu auditor untuk mempertahankan independensi terhadap manajemen.

Audit Failure
Suatu situasi, yaitu auditor mencapai dan menerbitkan suatu opini/pendapat yang salah karena kegagalan memenuhi persyaratan dari standar-standar pemeriksaan yang berlaku umum.

Auditor Plan
Peninjauan yang luas mengenai suatu penugasan audit yang disusun dalam tahap perencanaan dari penugasan.

Audit Procedures
·    Tindakan-tindakan khusus yang diambil oleh auditor untuk menyelesaikan tujuan audit.
·    Merupakan langkah-langkah yang diambil dalam melaksanakan pekerjaan pemeriksaan. Prosedur-prosedur tertulis yang dibuat sebelum pelaksanaan pekerjaan disebut program pemeriksaan (audit program).

Audit Program
Sekumpulan instruksi-instruksi untuk melaksanakan rencana audit; Program audit terdiri dari uraian rincian mengenai keputusan-keputusan yang dilakukan auditor mengenai:
1.    Prosedur-prosedur audit yang digunakan;
2.    Ukuran dari setiap sampel;
3.    Metode-metode yang dipilih untuk memilih item-item yang diuji;
4.    Waktu yang tepat dari setiap prosedur audit.

Audit Software
Program komputer yang digunakan oleh auditor untuk membantu dalam pengujian dan menilai keandalan catatan dan berkas suatu perusahaan. Program komputer ini membantu auditor melaksanakan fungsi-fungsi audit mekanis yang secara tradisional dilakukan oleh auditor junior personel klerikal.Terdapat dua jenis audit software, yaitu:
1.    Specialized Audit Software, yaitu program yang dirancang khusus oleh auditor untuk menyesuaikan dengan situasi audit tertentu.
2.    Generalized-Audit Software (GAS), yaitu suatu kumpulan program yang dapat digunakan untuk berbagai perusahaan yang luas dan situasi audit. GAS secara tipikal dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak, pabrikan komputer, atau kantor akuntan publik dalam paket.

Audit Risk
Suatu mode formal yang merefleksi hubungan antar risiko audit yang dapat diterima (AAR/Acceptable Audit Risk), risiko inheren (IR/Inherent Risk), risiko pengendalian (CR/ Control Risk) dan risiko deteksi yang direncanakan (PDR/ Planned Detection Risk);
PDR=AAR: 1RxCR

Audit Standard
Kriteria atau ukuran mutu pelaksanaan yang dikaitkan dengan tujuan yang ingin dicapai dengan mempergunakan prosedur audit. Norma pemeriksaan (audit standard) mencakup mutu profesional (professional qualities) ukuran yang dipergunakan dalam pelaksanaan pemeriksaan dan penyusunan laporan akuntan.
Di Amerika Serikat, sebagai profesional, auditor berpedoman pada standar. “Auditor Internal”, mengikuti “Standard for The Professional Practice of Internal Auditing”, sedangkan auditor ekstemal mengikuti “Statement on Auditing Standard”. Kedua kumpulan standar ini mempunyai lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Standar audit dapat dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama melakukan spesifikasi karakteristik profesional, yaitu pelatihan teknik yang memadai dan memiliki keahlian dalam bidangnya (proficiency), sikap mental independen dan mempergunakan kemahiran profesional dengan cermat dan saksama (termasuk perencanaan pekerjaan dengan baik, mengawasi asisten dengan semestinya, dan mendapatkan bukti kompeten yang cukup).
Kelompok standar yang lain berhubungan dengan ruang lingkup audit yang dilaksanakan. Internal Auditor dapat meninjau semua aspek operasi perusahaan, pengendalian, sumber daya, dan informasi keuangan dan operasional. Sebagai konsekuensinya, tanggung jawab internal auditor (termasuk EDP auditor) melaksanakan lebih banyak tipe audit. Sebaliknya, auditor ekstemal mempunyai tanggung jawab utama dalam pelaksanaan “financial audit.”

Audit Strategy
Pendekatan umum untuk merencanakan suatu audit.

Audit Team
Individual-individual, yang diberi tugas untuk suatu penugasan audit khusus.

Audit Techniques
Suatu tanda identifikasi untuk pengecekan audit.

Audit Trail
Serangkaian dari kaitan informasi yang memungkinkan suatu transaksi ditelusuri dari permulaannya bersama dengan dokumentasi penyokongnya sampai pelaporannya dalam akun-akun.

Auditing
Suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara obyektif mengenai pernyataan-pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi, dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta penyampaian hasil-hasilnyakepada pemakai yang berkepentingan.

Auditing Principle
Adalah kebenaran dasar (basic truth) yang menunjukkan bagaimana tujuan pemeriksaan dapat dicapai. Kita misalnya mengenal prinsip pemberian informasi yang lengkap agar laporan keuangan tidak menyesatkan (full disclocure); prinsip konsistensi yang berarti penerapan prinsip akuntansi yang sama dalam pembuatan ikhtisar keuangan tahun ini dan tahun sebelumnya agar informasi dari kedua tahun tersebut dapat dibandingkan; prinsip materialitas (materiality) yang membedakan penting atau tidaknya sesuatu hal tergantung dari sifat dan/atau besarnya hal tersebut; dan prinsip-prinsip lain.

Auditing Standards
Pedoman-pedoman umum untuk membantu auditor memenuhi tanggung jawab profesional mereka dalam audit laporan keuangan historis.

Auditor
Orang yang berwenang untuk melakukan suatu audit.

Auditors’ Standard Report
Suatu dokumen yang sangat saksama yang didesain untuk mengkomunikasikan secara tepat karakter dan keterbatasan dari tanggung jawab yang dipikul oleh auditor. dalam bentuk standar, laporan terdiri dari paragraf introduksi, paragraf ruang lingkup, dan paragraf opini, yang mencakup laporan keuangan dasar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: